Review Jurnal
Judul |
STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS PT. ALIF PERSADA NUSANTARA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN GARDEN HILLS STATE TAHUN 2013
|
Jurnal
|
Jurnal Ilmu Komunikasi
|
Volume & Halaman
|
Volume 3, Nomor 3, 134 - 144
|
Tahun
|
2015
|
Penulis
|
Yuliana Ullen
|
Reviewer
| Yogi Wibisono |
Tanggal
|
8 Oktober 2017
|
Pendahuluan
|
Komunikasi adalah suatu transaksi, proses simbolik yang menghendaki orang-orang mengatur lingkungannya dengan membangun hubungan sesama manusia melalui pertukaran informasi untuk menguatkan sikap dan tingkah laku. Jadi dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada orang lain. Perkembangan komunikasi berjalan dengan pesat dan cepat, sehingga banyak dijumpai dalam bidang komunikasi. Salah satu bidang komunikasi yang menyangkut kehidupan sosial adalah komunikasi organisasi/manajemen.
Semenjak diberlakukannya otonomi daerah, penghasilan dan kebutuhan masyarakat daerah pada akhirnya menjadi cukup tinggi sehingga timbulah kepentingan-kepentingan untuk melakukan investasi di daerah dalam berbagai sektor, termasuk sektor properti. Salah satu provinsi yang mengalami perkembangan cukup pesat dalam sektor adalah Kalimantan Timur khususnya Kota Samarinda (Kaltim Post Online, 2011).
Adapun beberapa tipe rumah yang tedapat di Garden Hills Estate adalah sebagai berikut : 1. Tipe 40 (Tropical) 51 unit 2. Tipe 55 (Ravena) 27 unit 3. Tipe 75 (Modena) 16 unit 4. Tipe 97 (Catania) 16 unit 5. Tipe 125 (Essenza) 64 unit Saat ini perumahan berlokasi strategis tersebut telah menjual 60%dari 174 unit yang dipasarkan. Harga dari Garden Hills Estate menunjukan bahwa perumahan ini diperuntukkan bagi kalangan menengah ke atas. |
Tujuan
|
1. Untuk mengetahui Strategi Komunikasi Bisnis PT. Alif Persada Nusantara Dalam Meningkatkan Penjualan Garden Hills Tahun 2013.
2. Untuk mengetahui Fungsi Komunikasi Bisnis yang diterapkan oleh PT. Alif Persada Nusantara sebagai indikator dalam upaya peningkatan Penjualan produk Garden Hills Estate. |
Manfaat
|
Kegunaan Teoritis :
a. Melalui penelitian diharapkan dapat memberi sumbangan pemikiran sebagai dedikasi penulis bagi pengembangan ilmu pengetahuan dalam studi komunikasi terutama yang berkaitan erat dengan strategi komunikasi bisnis. b. Sebagai bahan informasi bagi peneliti yang memerlukan baik dalam penelitian berikutnya atau hal-hal lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Kegunaan Praktis : Hasil penelitian ini diharapkan juga dapat berguna bagi kedua belah pihak dan sebagai bahan informasi dan evaluasi bagi PT. Alif Persada Nusantara dalam upaya meningkatkan penjualan Garden Hills Estate Tahun 2013. |
Metode
|
Jenis Penelitian
Penelitian ini bersifat deskriptif karena data-data yang diperoleh dari lapangan berupa kata-kata, gambar baik itu dari hasil wawancara, dokumentasi maupun observasi dan bukan berupa angka. Sedangkan datanya berupa kualitatif yaitu dengan pertimbangan menyesuaikan metode kualitatif lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan ganda. Sehingga jenis penelitian ini termasuk dalam kategori jenis penelitian deskriptif kualitatif.
Fokus Penelitian
Penelitian ini akan difokuskan pada pemahaman atau gambaran menyeluruh tentang strategi komunikasi bisnis PT. Alif Persada Nusantara dalam meningkatan penjualan produk Garden Hills Estate, yaitu penjelasan tentang upaya melunaskan pemasaran yang dilakukan oleh PT. Alif Persada Nusantara dalam meningkatkan produk Garden Hills Estate. Strategi komunikasi bisnis dalam hal ini adalah upaya yang dilakukan untuk melunaskan pemasaran melalui cara-cara sebagai berikut :
1. Strategi Pemilihan Media 2. Strategi Penjualan 3. Segmentasi Pasar |
Hasil Penelitian
|
Dalam kegiatan memasarkan produk Garden Hills Estate, PT. Alif Persada
Nusantara menggunakan bauran komunikasi pemasaran sebagai dasar untuk menentukan alat-alat pemasaran apa saja yang mereka gunakan untuk memasarkan produknya kepada konsumen. Media cetak merupakan massa yang umumnya digunakan dalam kegiatan publikasi terutama yang bersifat strategi komunikasi bisnis atau periklanan. Meskipun komunikasi dengan menggunakan media cetak bersifat searah dan berlaku selama periode yang singkat, media cetak tetap memiliki kelebihan dan penyebarannya yang luas dan pembaca yang merupakan masyarakat dari berbagai latar belakang. PT. Alif Persada Nusantara semenjak tahun 2010 hingga tahun 2012 telah beberapa kali mengiklankan produk Garden Hills Estate di salah satu media cetak terbesar di Kalimantan Timur, Kaltim Post. PT. Alif Persada Nusantara menggunakan salah satu elemen dari bauran komunikasi pemasaran media periklanan seperti brosur, baliho, pameran, media cetak dan radio untuk mengiklankan Garden Hills Estate. Brosur dipilih oleh PT. Alif Persada Nusantara karena kemampuannya untuk menampilkan gambar serta pesan singkat yang dapat dengan mudah dipahami pembacanya.
PT. Alif Persada Nusantara telah melakukan kegiatan periklanan, promosi
penjualan, personal selling, pemasaran langsung dan publisitas dalam upaya meningkatkan penjualan produk Garden Hills Estate. Namun seluruh kegiatan pemasaran yang telah dilakukan tersebut akan menjadi sia-sia saja PT. Alif Persada Nusantara tidak siap menghadapi persaingan dari kompetitor yang juga memasarkan produk-produk sejenis. Untuk itu, PT. Alif Persada Nusantara berupaya keras agar merek Garden Hills Estate sebagai perumahan elit yang memiliki nuansa perbukitan yang asri, bebas banjir dan berada di lokasi yang strategis dapat terus melekat di benak masyarakat. Singkatnya, PT. Alif Persada Nusantara berupaya menumbuhkan kesadaran merk terhadap produk Garden Hills Estate. |
Kekuatan Penelitian
|
Kekuatan penelitian ini adalah alat yang digunakan dalam penelitian berupa wawancara, catatan lapangan, foto, video, dokumen pribadi, catatan atau memo, dokumen resmi, tidak sresmi, dan lain-lain yang memudahkan dalam mendeskripsikan hasil penelitian karena memilki data yang akurat.
|
Kelemahan Penelitian
|
Kelemahan penelitian ini adalah proses pengumpulan data cukup lama karena banyaknya teknik pengumpulan data sehingga perlu waktu untuk memproses informasi data yang ada untuk menghasilkan data yang akurat.
|
Daftar Pustaka
|
|
Komentar
Posting Komentar