Makalah Manajemen Pemasaran Global
MANAJEMEN PEMASARAN GLOBAL
DISUSUN OLEH :
YOGI WIBISONO (1C214431)
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA JAKARTA
TAHUN 2019
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1. PENGERTIAN
Manajemen adalah proses mengelola dimana di dalamnya terdapat kegiatan merencanakan, mengatur, mengawasi dan mengevaluasi.
Pemasaran global adalah pemasaran berkala seluas dunia.
Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha, tak terkecuali di pasar
ekspor yang penting mesti kreatif dan mau berinovasi dalam mengembangkan pasar.
Pelaku bisnis yang tangguh tentu tak mudah ditenggelamkan oleh setiap perubahan
tantangan bisnis meski tantangan yang datang semakin berat. (Wikipedia.org)
Manajemen pemasaran global adalah kegiatan perencanaan, pengelolaan, pengaturan, pengawasan dan pengevaluasian terhadap komponen-komponen pemasaran bagi semua pelaku usaha yang melibatkan fungsi dan cakupan yang lebih luas lagi yaitu merambah dalam lingkup Dunia. Proses ini berfokus pada sumber daya manusia, uang, alam dan aset.
Prinsip pemasaran global yaitu :
- Costumer Value
- Value Equation
- Compotitive
Alasan suatu perusahaan melakukan global marketing adalah untuk mengejar pertumbuhan dan juga keuntungan yang lebih besar, serta memperbanyak cabang produksi sehingga dapat melakukan penanaman dan penambahan modal.
2. TUJUAN DAN MANFAAT PEMASARAN GLOBAL
Tujuan utama pemasaran global adalah untuk :
1. Meningkatkan potensi laba
2. Meningkatkan pertumbuhan terhadap barang
3. Menjaga kelangsungan hidup para pelaku usaha dari ancaman pesaing potensial yang berasal dari berbagai penjuru dunia
1. Meningkatkan potensi laba
2. Meningkatkan pertumbuhan terhadap barang
3. Menjaga kelangsungan hidup para pelaku usaha dari ancaman pesaing potensial yang berasal dari berbagai penjuru dunia
Adapun beberapa manfaat yang di dapatkan perusahaan dalam pemasaran global adalah sebagai berikut :
1. Penghemat biaya produksi
Dalam dunia pemasaran secara global, perusahaan bisa menghemat biaya produksi seperti :
- Keleluasaan pemindahan produksi dari satu tempat ke tempat yang lain, sehingga pengeluaran biaya menjadi lebih murah, seperti Yamaha ( Asia : Thailand, Indonesia ).
- Dalam model produksi yang beraneka ragam bisa digabungkan menjadi beberapa model saja secara global sehingga akan menghemat biaya produksinya.
2. Tingkat kualitas produk semakin baik dan tinggi
Sesuai dengan tingkat kebutuhan pangsa pasar, maka competitor akan semakin banyak bermunculan di pasar global. Jadi, untuk bisa sukses dan lebih unggul dari para pesaing maka mau tidak mau kualitas produksi harus ditingkatkan sehingga bisa terciptanya jumlah peminatnya.
3. Preferensi bagi konsumen semakin meningkat
Dengan adanya ketersediaan global, service global, dan pengenalan global maka preferensi konsumen akan semakin meningkat pula. Contohnya seperti berbagai merk dan jenis soft drink dan fast food yang beredar di pasaran saat ini.
4. Peningkatan teknik pemasaran dalam menghadapi competitor
Semakin besar pangsa pasar, maka semakin tinggi pula tingkat persaingannya dalam pasar dunia. Jadi, untuk mempertahankan usaha masing-masing sebagai pengusaha butuh teknik pemasaran yang lebih mantap dari sebelumnya.
3. STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL
1. Melakukan Ekspor Impor
2. Membuka kantor perwakilan atau cabang
3. Mengeluarkan lisensi asing/kontrak manufaktur dan alih teknologi
Perusahaan pemberi lisensi membuat persetujuan dengan menerima lisensi bahwa lisensi memperoleh hak untuk menggunakan proses atau teknologi produksi merk dagang paten dan sebagainya, dengan membayar fee atau royalti kepada lisensor. Lisensor dalam hal ini memperoleh manfaat yaitu dapat memasuki pasar asing dengan risiko rendah, contohnya Disneyland mengeluarkan lisensi untuk memproduksi dan memasarkan produknya seperti Donald Duck, Mickeymouse dan lain-lain.
4. Melakukan Franchising
5. Membuka usaha patungan atau Joint Venture
6. Melakukan akuisisi perusahaan lain
Akuisisi adalah pengambilan kepemilikan atau pengendalian atas saham atau aset suatu perusahaan oleh perusahaan lain dan dalam peristiwa ini baik perusahaan pengambil alih atau yang diambil alih
tetap eksis sebagai badan hukum yang terpisah.
4. FAKTOR PENDORONG DAN PENGHAMBAT BISNIS GLOBAL
1. Faktor yang mendorong
- Kebutuhan pasar
Budaya universal seperti perbedaan budaya terdapat unsur yang sama dalam sifat manusia yang menjadi dasar untuk menciptakan dan melayani pasar global. Contohnya seperti minuman ringan, salah satu industri global terbesar yang sukses.
- Teknologi
Profesor Levitt menulis artikel "kenyataan komersial yang baru ini, munculnya pasar global untuk produk konsumen standar dalam skala yang belum pernah dibayangkan". Ada kekuatan yang amat besar yang mendorong dunia ke arah menyatunya hal yang sudah umum dan kekuatan itu adalah teknologi, teknologi menyederhanakan komunikasi, transportasi dan perjalanan.
- Biaya
Keseragaman dapat menurunkan biaya riset, rekayasa, desain, kreatif dan produksi di semua fungsi bisnis, dari rekayasa sampai pemasaran dan administrasi.
- Mutu
Volume global menghasilkan penerimaan dan mutu operasi yang lebih besar untuk mendukung mutu desain dan pembuatan.
- Komunikasi dan Transportasi
Revolusi informasi komunikasi dan transportasi memberikan kontribusi pada berkembangnya pemasaran global
- Daya tuas
Keunggulan yang dimilikinya karena perusahaan itu beroperasi secara simultan dilebih dari satu pasar nasional. Sebuah perusahaan global dapat mengembangkan 5 tipe daya tuas yaitu :
1. Transfer pengalaman
2. Transfer sistem
3. Penghematan skala
4. Pendayagunaan sumber daya
5. Strategi global
2. Faktor yang menghambat
- Perbedaan pasar
Dalam setiap kategori produk, perbedaan masih cukup banyak diantara batas negara dan budaya yang memerlukan adaptasi dari beberapa unsur bauran pemasaran.
- Sejarah
Sejarah merek dagang mungkin memerlukan strategi pemasaran khusus dan berbeda, serta di setiap negara perlu penentuan posisi tersendiri.
- Budaya organisasi
Perusahaan global yang sukses adalah pemasaran yang telah belajar cara memadukan visi global dan perspektif dengan inisiatif dan masukan pasar lokal. Hal ini sulit dilakukan oleh perusahaan.
- Kendali Nasional atau Hambatan untuk masuk ke suatu Negara
Setiap negara melindungi perusahaan lokal dan kepentingannya dengan memegang kendali terhadap akses pasar dan jalan masuknya.
5. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Banyak faktor yang mendoron suatu negara melakukan perdagangan internasional diantaranya sebagai berikut :
- Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negri
- Keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara
- Adanya kelebihan produk dalam negri sehingga perlu pasar baru untuk menjualnya
- Adanya perbedaan keadaan seperti sumber daya alam, iklim, tenaga kerja, budaya dan jumlah penduduk yang menyebabkan adanya perbedaan hasil produksi dan adanya keterbatasan produksi
- Adanya kesamaan selera terhadap suatu barang
- Keinginan membuka kerja sama hubungan politik dan dukungan dari negara lain
- Terjadinya era globalisasi sehingga tidak satu negara pun di dunia ini yang dapat hidup sendiri
6. DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PERDAGANGAN INTERNASIONAL
1. Dampak Positif :
- Meningkatkan kesejahteraan
- Mempercepat pembangunan
- Meningkatkan sumber daya manusia
- Alih teknologi
2. Dampak Negatif
- Menimbulkan ketergantungan terhadap negara lain
- Cenderung statis
- Pengusaha yang tidak kompetitif terancam gulung tikar
- adanya perubahan nilai sosial budaya
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1. Melakukan Ekspor Impor
2. Membuka kantor perwakilan atau cabang
3. Mengeluarkan lisensi asing/kontrak manufaktur dan alih teknologi
Perusahaan pemberi lisensi membuat persetujuan dengan menerima lisensi bahwa lisensi memperoleh hak untuk menggunakan proses atau teknologi produksi merk dagang paten dan sebagainya, dengan membayar fee atau royalti kepada lisensor. Lisensor dalam hal ini memperoleh manfaat yaitu dapat memasuki pasar asing dengan risiko rendah, contohnya Disneyland mengeluarkan lisensi untuk memproduksi dan memasarkan produknya seperti Donald Duck, Mickeymouse dan lain-lain.
4. Melakukan Franchising
5. Membuka usaha patungan atau Joint Venture
6. Melakukan akuisisi perusahaan lain
Akuisisi adalah pengambilan kepemilikan atau pengendalian atas saham atau aset suatu perusahaan oleh perusahaan lain dan dalam peristiwa ini baik perusahaan pengambil alih atau yang diambil alih
tetap eksis sebagai badan hukum yang terpisah.
4. FAKTOR PENDORONG DAN PENGHAMBAT BISNIS GLOBAL
1. Faktor yang mendorong
- Kebutuhan pasar
Budaya universal seperti perbedaan budaya terdapat unsur yang sama dalam sifat manusia yang menjadi dasar untuk menciptakan dan melayani pasar global. Contohnya seperti minuman ringan, salah satu industri global terbesar yang sukses.
- Teknologi
Profesor Levitt menulis artikel "kenyataan komersial yang baru ini, munculnya pasar global untuk produk konsumen standar dalam skala yang belum pernah dibayangkan". Ada kekuatan yang amat besar yang mendorong dunia ke arah menyatunya hal yang sudah umum dan kekuatan itu adalah teknologi, teknologi menyederhanakan komunikasi, transportasi dan perjalanan.
- Biaya
Keseragaman dapat menurunkan biaya riset, rekayasa, desain, kreatif dan produksi di semua fungsi bisnis, dari rekayasa sampai pemasaran dan administrasi.
- Mutu
Volume global menghasilkan penerimaan dan mutu operasi yang lebih besar untuk mendukung mutu desain dan pembuatan.
- Komunikasi dan Transportasi
Revolusi informasi komunikasi dan transportasi memberikan kontribusi pada berkembangnya pemasaran global
- Daya tuas
Keunggulan yang dimilikinya karena perusahaan itu beroperasi secara simultan dilebih dari satu pasar nasional. Sebuah perusahaan global dapat mengembangkan 5 tipe daya tuas yaitu :
1. Transfer pengalaman
2. Transfer sistem
3. Penghematan skala
4. Pendayagunaan sumber daya
5. Strategi global
2. Faktor yang menghambat
- Perbedaan pasar
Dalam setiap kategori produk, perbedaan masih cukup banyak diantara batas negara dan budaya yang memerlukan adaptasi dari beberapa unsur bauran pemasaran.
- Sejarah
Sejarah merek dagang mungkin memerlukan strategi pemasaran khusus dan berbeda, serta di setiap negara perlu penentuan posisi tersendiri.
- Budaya organisasi
Perusahaan global yang sukses adalah pemasaran yang telah belajar cara memadukan visi global dan perspektif dengan inisiatif dan masukan pasar lokal. Hal ini sulit dilakukan oleh perusahaan.
- Kendali Nasional atau Hambatan untuk masuk ke suatu Negara
Setiap negara melindungi perusahaan lokal dan kepentingannya dengan memegang kendali terhadap akses pasar dan jalan masuknya.
5. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Banyak faktor yang mendoron suatu negara melakukan perdagangan internasional diantaranya sebagai berikut :
- Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negri
- Keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara
- Adanya kelebihan produk dalam negri sehingga perlu pasar baru untuk menjualnya
- Adanya perbedaan keadaan seperti sumber daya alam, iklim, tenaga kerja, budaya dan jumlah penduduk yang menyebabkan adanya perbedaan hasil produksi dan adanya keterbatasan produksi
- Adanya kesamaan selera terhadap suatu barang
- Keinginan membuka kerja sama hubungan politik dan dukungan dari negara lain
- Terjadinya era globalisasi sehingga tidak satu negara pun di dunia ini yang dapat hidup sendiri
6. DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PERDAGANGAN INTERNASIONAL
1. Dampak Positif :
- Meningkatkan kesejahteraan
- Mempercepat pembangunan
- Meningkatkan sumber daya manusia
- Alih teknologi
2. Dampak Negatif
- Menimbulkan ketergantungan terhadap negara lain
- Cenderung statis
- Pengusaha yang tidak kompetitif terancam gulung tikar
- adanya perubahan nilai sosial budaya
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
CONTOH KASUS PERUSAHAAN DI INDONESIA YANG MELAKUKAN EKSPANSI MELALUI EKSPOR KE LUAR NEGRI
INDOMIE
Produk yang merakyat ini nampaknya juga diterima oleh masyarakat dunia. Bagaimana tidak, Indomie dijual di 80 negara di berbagai benua di dunia. Pertama kali dibuat pada tahun 1970, kini Indomie yang berada ditangan Indofood telah memiliki pabrik di Malaysia, Arab Saudi, Nigeria, Kenya, dan lain sebagainya. Tentu di tiap negara dilakukan kerjasama dengan pengusaha lokal, agar membuka akses yang lebih luas pada pasar. Benua Afrika kini menjadi fokus utama dari pengembangan, karena pasar yang begitu potensial disana. Dibuatlah pabrik di Nigeria dan Kenya, yang dapat menjangkau Afrika Barat dan Timur sekaligus jumlah investasinya pun tidak main-main, hingga US$ 7,3 juta. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi 100 juta bungkus pertahun. Selain Afrika, pasar lainnya cukup besar, mengingat ciri khas yang dibawanya. Selain itu Indomie juga selalu menjadi produk favorit bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negri.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sumber penulisan :
http://putripanunggal.blogspot.com/2014/01/makalah-pemasaran-global.html
http://muhammadyusuf15.blogspot.com/2018/10/tugas-manajemen-pemasaran-global.html
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/01/29/inilah-20-perusahaan-indonesia-yang-berhasil-dalam-pasar-global
Komentar
Posting Komentar