Pengertian Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah
merupakan alat analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang
dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang
menguntungkan dengan target pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan
utama perusahaan yaitu memperoleh laba.
Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut para Ahli
·
Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan
program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju
dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
·
Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang
dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya,
berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum
barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan
pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika
menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang
lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
·
Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi,
dan pengendalian program yang di design untuk menciptakan, membangun, dan
mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk
mencapai tujuan perusahaan (Kotler & Amstrong)
·
American Marketing Association, menterjemahkan pemasaran sebagai
berikut: Pemasaran adalah pelaksanaan dunia usaha yang mengarahkan arus
barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai.
Defenisi ini hanya menekankan aspek distribusi ketimbang kegiatan pemasaran.
·
Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management Analysis,
Planning, and Control, mendefinisikan pemasaran secara lebih luas, yaitu:
Pemasaran adalah: Suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan
apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan
mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
·
Definisi Pemasaran menurut William J. Stanton adalah suatu sistem
keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang
memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Konsep Manajemen
Pemasaran
Falsafah konsep pemasaran
bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan
pembeli/konsumen. Seluruh kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep
pemasaran harus diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut.
Secara definitif dapat
dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan
bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi
kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).
Elemen Penting dalam Konsep Pemasaran:
Elemen Penting dalam Konsep Pemasaran:
·
Market oriented berorientasi pada keinginan Konsumen
·
Penyusunan kegiatan pemasaran secara terpadu
·
Pencapaian tingkat kepuasan Konsumen
Konsep Manajemen pada
hakikatnya mencakup upaya dan strategi yang ditempuh manajemen dalam rangka
untuk mencapai tingkat kepuasan konsumen.
Artikel Lainnya : Strategi
membuat Bisnis Plan untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan
Beberapa istilah yang sangat
penting dalam konteks pemasaran
1.
Produk (barang, jasa, ide); Segala
hasil kerja manusia yang dapat ditawarkan kepada manusia lainnya baik berupa
barang, jasa atau ide. Konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu
terbaik, kinerja terbaik dan sifat terbaik sehingga perusahaan harus
memfokuskan diri pada perbaikan produk yang terus menerus, menyukai produk yang
mudah diperoleh dan sangat terjangkau karenanya manajemen harus berfokus pada perbaikan
efisiensi produksi dan distribusi.
2.
Nilai; Perkiraan konsumen atas suatu produk untuk kepuasan mereka, apa
yang dirasakan / diinginkan, perbedaan antara nilai yang dinikmati pelanggan
karena memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk
tersebut.
3.
Biaya; Harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi
4.
Kepuasan; Seberapa puas konsumen atas produk yang mereka konsumsi
(kesesuaian antara harapan dan kenyataan), Kepuasan (customer satisfaction):
tingkatan dimana kinerja yang dirasakan (perceived performance) poduk
akan sesuai dengan harapan seorang pembeli atau tidak
5.
Pasar; Tempat yang berisi semua pelanggan potensial yang berniat untuk
transaksi terhadap suatu produk.
Perencanaan
Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) adalah proses menentukan target pasar
dengan strategi bauran pemasaran yang terkait dimana:
1.
Target Market; adalah sekelompok pelanggan homogen atau pasar yang
ingin dilayani permintaannya oleh perusahaan.
Bauran Pemasaran (Marketing
Mix); adalah variabel-variabel yang disusun oleh perusahaan dalam rangka untuk
memuaskan target market tersebut. Marketing Mix adalah kombinasi dari empat
variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan,
yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem saluran distribusi.
Variabel-variabel marketing mix ini dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil
suatu strategi dalam usaha mendapatkan posisi yang sangat strategis dipasar.
Komentar
Posting Komentar